Putra Deiyai, drg. Aloysius Giyai, M.Kes berdialaog dengan salah seorang warga Deiyai di sela-sela giat Pembukaan Proseni IV Gereja Kingmi, Senin, 23 Oktober 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Gereja Kemah Injil (Kingmi) di Tanah Papua menggelar Pekan Rohani Olahraga dan Seni (Proseni) IV di Kabupaten Deiyai. Pada Senin, 23 Oktober 2023, bertempat di Gereja Kingmi Maranatha Onago, Distrik Tigi Barat, giat ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, S.STP,MM.

Salah satu putra Deiyai, drg. Aloysius Giyai, M.Kes, yang hadir langsung dalam kegiatan pembukaan Proseni IV ini mengaku bangga dan bersyukur atas suasana persaudaraan dan keakraban yang terjalin, terutama lintas gereja di kampung halamannya demi mendukung menyukseskan giat akbar ini.

“Sebagai salah satu putra Kampung Onago Deiyai, tempat diselenggarakannya Proseni, saya hadir memberikan semangat, kepedulian dan kebersamaan. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada semua panitia yang telah menyelenggarakan event besar yang dihadiri 6 provinsi di Tanah Papua,” kata Aloysius, Rabu, 25 Oktober 2023.

Aloysius bersama istri saat menyapa masyarakat Deiyai.

Menurut Aloysius, salah satu pesan kental yang dirasakannya saat hadir di Proseni IV adalah jalinan toleransi, kerjasama, kekompakan, dan persatuan antara umat Katolik dalam mendukung kegiatan saudara-saudaranya Gereja Kingmi di Deiyai.

“Partisipasi umat Katolik dalam kegiatan ini luar biasa, dan saya harap kebersamaan seperti ini harus dijaga terus ke depannya. Saya juga beterima kasih kepada Penjabat Sekda Papua Tengah yang sudah hadir membuka kegiatan dan memberikan bantuan dana,” kata Tokoh Kerawam Katolik Papua ini.

Aloysius foto bersama di sela-sela pembukaan Proseni IV Deiyai.

Ia juga berharap, momen Proseni ini juga membuka wawasan bagi generasi muda di Deiyai untuk menerima program pembangunan dengan hadirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah. Sebab dari wilayah ini, telah lahir banyak tokoh yang bisa menjadi agen perubahan yang bisa diikuti jejaknya.

“Saya ajak anak muda di Deiyai, kita harus menjadi subyek pembangunan mengisi DOB Provinsi Papua Tengah ini. Jangan masa bodoh, jangan pasif, supaya kita tidak tertinggal. Wilayah kita tidak diragukan lagi, baik dalam menerima Injil maupun pembangunan sejak dulu,” pinta manta Kepala Dinas Kesehatan Papua ini.

Selain menghadiri kegiatan Proseni, kehadiran Aloysius Giyai di Papua Tengah juga dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi terkait kerja sama pelayanan pasien rujukan antara RSUD Jayapura dan Provinsi Papua Tengah yang sedang berjalan.

“Dan kami juga sudah sosialisasi kepada masyarakat bahwa saat sakit, mereka tidak boleh tunggu sakit berat tapi cepat ke Puskesmas atau rumah sakit. Sebab seluruh biaya ditanggung Pemerintah Provinsi Papua Tengah,” tegasnya.

Selain Aloysius, hadir dalam pembukaan Proseni IV, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, S.STP,MM, Bupati Deiyai Ateng Edowai, S.Pd.K,M.Pd, kader Gereja Kingmi yang juga mantan Bupati Puncak Jaya Willem Wandik, SE.M.Si, Asisten I Setda Papua Tengah Ausilius You, S.Pd,MM, Kepala PUPR Papua Tengah, Yan Ukago, ST,MT, Kepala Dinas Pendidikan Marthen Ukago, SE,M.Si, serta jajaran pimpinan Gereja Kingmi di bawah Ketua Sinode Pdt. Silas Mom, S.Th,M.Th, Pdt. Dr. Beni Giyai, dan 13 koordinator di Tanah Papua. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box