Suasana pembukaan Proseni IV Deiyai di Gereja Kingmi Maranatha Onago, Distrik Tigi Barat, Senin, 23 Oktober 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Deiyai Ateng Edowai, S.Pd.K.,M.Pd menegaskan bahwa  kegiatan Pekan Rohani Olahraga dan Seni (Proseni) ke-IV Gereja Kingmi di Tanah Papua yang digelar di Kabupaten Deiyai adalah murni kegiatan rohani dipadu dengan dengan olahraga dan seni, bukan momen politik. Oleh karena itu, ia berharap para peserta yang hadir bisa menggali talenta-talenta yang ada pada diriya di bidang olahraga dan seni.

“Atlet-atlet ini nantinya menjadi aset Gereja Kingmi karena kalian siap bersaing dalam iven-iven nasional dan internasional. Saya berharap Proseni ini berjalan dengan aman lancar dan terkendali. Selama saya pimpin Deiyai selalu aman-aman saja, dan saya suda basmikan penyakit sosial dan minuman jenis berakohol setahun yang lalu,” tegas Bupati Ateng Edowai saat acara pembukaan Proseni di Gereja Maranatha Kingmi Onago, Senin, 23 Oktober 2023.

Bupati Ateng Edowai (tengah) saat pembukaan Proseni IV.

Hal senada disampaikan oleh Penjabat Sekda Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, S.STP,MM. Saat didapuk membuka kegiatan Proseni IV mewakili Penjabat Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, S.Sos,MM.

“Proseni IV Deiyai ini dipandang penting sebagai wadah untuk pencarian bakat-bakat unggul yang ada pada pemuda Kingmi di Tanah Papua. Kita ketahui bersama bahwa 2030, kita akan menghadapi bonus demografi yang menunjukkan peran anak muda lebih dominan. Manfaatkan ajang ini untuk berkompetisi secara sehat dengan semua talenta yang dimiliki,” tutur Damanik.

Penjabat Sekda Papua Tengah, Anwar Harun Damanil, S.STP,MM saat menyerahkan sumbangan kepada panitia.

Salah satu pembicara, Pdt. Ps. Dr. Djone Georges Nicolas., M.Th mengaku sangat berterima kasih kepada Bupati Ateng dan Pemda Deiyai yang sudah mengundangnya hadir. Pria asal Kamerun yang sebelumnya adalah seorang pemain sepak bola di beberapa negara seperti Jerman, Prancis, Australia dan di Indonesia mengajak seluruh Pemuda Kingmi di Tanah Papua untuk bangkit bersatu dan merebut bumi dan Kerajaan Allah.

“Pemuda Kingmi harus mempertahankan rohani dan jasmani dua-duanya. Sehat jasmani dimulai dari sehat rohani. Oleh karena itu kita harus hidup dalam kebenaran. Muliakanlah Tuhan dengan roh yang sehat, peliharalah tubuhmu yang baik untuk memuliakan Tuhan,” ajak Djone Georges Nicolas.

Sementara itu, Ketua Departemen Pemuda Kingmi di Tanah Papua Melianus Numang, ST menegaskan, Gereja Kingmi merupakan gereja yang besar di Tanah Papua. Untuk itu semua anggota harus tetap bersatu.

“Pada momen ini, saya mengajak pemuda Kingmi sebagai generasi muda wajib untuk  menghormati pejuang para misionaris dan mari mengembangkan potensi-potensi diri untuk bangkit merebut Kerajaan Allah,” tegasnya.

Aneka Sumbangan

Pembukaan Proseni IV di Kampung Onago, Distrik Tigi Barat pada Senin, 23 Oktober 2023 berlangsung meriah. Hadir pada kesempatan itu, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, S.STP,MM, Bupati Deiyai Ateng Edowai, S.Pd.K,M.Pd dan Wakil Bupati Deiyai Hengki Pigai, S.Pt, serta salah satu kader Gereja Kingmi yang juga mantan Bupati Puncak Jaya Willem Wandik, SE.M.Si.

Hadir pula, Asisten I Setda Papua Tengah Ausilius You, S.Pd,MM, Kepala PUPR Papua Tengah, Yan Ukago, ST,MT, Kepala Dinas Pendidikan Marthen Ukago, SE,M.Si, Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes, serta jajaran pimpinan Gereja Kingmi di bawah Ketua Sinode Pdt. Silas Mom, S.Th,M.Th, Pdt. Dr. Beni Giyai dan 13 koordinator di tanah Papua.

Guna menyukseskan giat ini, sejumlah pihak pun memberikan bantuan. Di antaranya, Pemerintah Provinsi Papua Tengah sebesar Rp 1 miliar yang diserahkan Penjabat Sekda Damanik, Pemerintah Kabupaten Deiyai sebesar Rp 3,8 miliar, sumbangan sukarela dari Bupati Deiyai Ateng Edowai, dan sumbangan dari putra Deiyai yang drgg. Aloysius Giyai, M.Kes sebesar Rp.100 juta.

Ketua Umum Panitia Proseni IV Jefri Edowai, ST,MM,M.Th berterima kasih kepada semua pihak, terutama pemerintah dan donator yang telah memberikan sumbangan bagi suksesnya kegiatan ini.

“Saya ditunjuk jadi Ketua Proseni itu bertepatan dengan, pelantikan badan pengurus 6 klasis tepatnya di Wagamo, Kurang lebih satu tahun panitia bergerak untuk menyukseskan Proseni Ke-IV ini. Semua sumbangan dari anak-anak Tuhan yang membantu kami, lebih detail, laporan panitia kita akan sampaikan pada saat pembubaran,” kata Jefri Edowai. (Derik Pinibo/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box