Foto Bersama saat Bootcamp Wirausaha Merdeka (WMK) Angkatan ke-II Tahun 2023 pada Kamis (30/11/2023) bertempat di Auditorium Hotel Grand Abe, Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM) – Universitas Cenderawasih menggelar Bootcamp Wirausaha Merdeka (WMK) Angkatan ke-II Tahun 2023 pada Kamis (30/11/2023) bertempat di Auditorium Hotel Grand Abe, Jayapura. Acara ini dibuka Oleh  Sekretaris Program Wirausaha Merdeka Uncen, Alvian Sroyer, M.Si, beserta narasumber.

Kegiatan bootcamp merupakan langkah yang penting dalam pengembangan potensi dan kemampuan para peserta Wirausaha Merdeka. Mengambil tema Wirausaha Merdeka di Negeri Tapal Batas, Kegiatan bootcamp dirancang untuk memberikan wawasan mendalam, pelatihan, dan kesempatan kolaborasi yang akan membantu mahasiswa tumbuh dan berkembang dalam bidang kewirausahaan. Bootcamp bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga tentang membangun jaringan, mengembangkan keterampilan tim, dan menemukan potensi tersembunyi.

Pemateri bootcamp berasal dari dinas terkait, diantaranya; Balai Besar POM Papua (Christian V Burdam), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua (Icenlia, I Patolla), Kemenkumham Provinsi Papua (Anthonius M Ayorbaba), Kementerian Agama Papua (Ani Matdoan), Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret  (Sutanto) serta Universitas Cenderawasih (Sara M. Paru). Penyampaian materi  yang dilakukan secara Hybrid, diselingi games dan sharing session yang mengasah ide, kreativitas dan kerjasama tim.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti program WMK Universitas Cenderawasih tahun ini sebanyak 192 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Universitas Cenderawasih dan 9 Perguruan Tinggi mitra lainnya yaitu : Universitas Cenderawasih, Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena, Sekolah Tinggi Bio Sains Swadiri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, STMIK Agamua, Universitas Ottow Geissler, Universitas Udayana, Universitas Islam Makassar dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.  Mahasiswa dibagi menjadi 38 tim dan dibimbing oleh 19 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Suasana Bootcamp Wirausaha Merdeka (WMK) Angkatan ke-II Tahun 2023 pada Kamis (30/11/2023) bertempat di Auditorium Hotel Grand Abe, Jayapura.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Jonathan K Wororomi,S.Si., M.Si.  yang juga Ketua Program Wirausaha Merdeka, Uncen mengatakan, Mahasiswa peserta WMK mendapatkan pengakuan setara 20 SKS dari rangkaian kegiatan yang dilakukan. Mahasiswa WMK juga mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar kampus guna mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan. Program WMK ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam kegiatan wirausaha melalui proses Pembekalan mindset dan kompetensi kewirausahaan, pengembangan dan penciptaan konsep usaha, serta praktek dan pengembangan wirausaha.

“Mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi dalam menganalisa usaha dan menciptakan peluang usaha, meningkatkan kemampuan daya kerja sehingga meningkatkan kualitas dan kapasitas lulusan Perguruan Tinggi,” ujar Wororomi disela penutupan kegiatan. (Adm)

 

 

Facebook Comments Box