Kabid Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Atas Pagawak dan Sekretaris Bapedda Walter Wompere saat menandatangani RTL.

KOBAKMA (PB.COM)—Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Tengah bekerja sama dengan UNICEF Perwakilan Papua dan GAPAI menggelar pertemuan koordinasi lintas sektor di Aula Dinas Kesehatan, Kamis, 9 November 2023.

Pertemuan koordinasi lintas sektor ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah Dotius Doga yang berlangsung sehari. Giat ini diakhiri dengan penandatanganan Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh beberapa dinas yang tergabung dalam Malaria Center Kabupaten Mamberamo Tengah.

Pasalnya, di Distrik yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mamberamo Raya, penderita penyakit malaria cukup tinggi, dibanding empat Distrik lainnya.

“Sasaran program eleminasi malaria di Distrik Megambilis merupakan salah satu Distrik yang sulit dijangkau. Ini menjadi perhatian kami, disana penyakit malaria cukup tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, melalui pertemuan yang menghadirkan OPD-OPD terutama Bapppeda untuk bersama-bersama menyusun program tahun 2024 dalam rangka eleminasi malaria di Kabupaten Mamberamo Tengah pada tahun 2025 terutama di Distrik Megambilis dan empat distrik lainnya.

Menurutnya, untuk menuju Kabupaten Mamberamo Tengah bebas malaria pada tahun 2025 diperlukan komitmen dan kerja sama lintas OPD.

“Tidak bisa satu OPD berjalan sendiri, tanpa bekerja sama dengan OPD yang lain. Jika hal itu terjadi, maka sulit mewujudkan Kabupaten Mamberamo Tengah bebas malaria,” tegas Pagawak. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box