Kepala Kesbangpol Pegubin Kalep Alimdam dan Kapolres Pegubin AKBP Dafi Bastomi bersama para pengurus Parpol saat giat Monev Kesiapan Pemilu di Oksibil, Senin, 13 November 2023

JAYAPURA (PB.COM)-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan menggelar monitoring dan evaluasi kesiapan partai politik (Parpol) dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Giat ini digelar, Senin, 13 November 2023 di Aula Penginapan Susteran Mabilabol, Kota Oksibil, dengan menghadirkan para pengurus dari tujuh belas (17) Parpol peserta Pemilu 2024 di Pegubin.

Kepala Kesbangpol Pegubin Kalep Alimdam saat memberikan arahan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Mohammad Dafi Bastomi, S.H.,S.I.K.,M.I.K, Kepala Kesbangpol Pegunungan Bintang, Kalep Alimdam, S.IP,M.KP serta sejumlah pegawai Kesbangpol Pegubin.

Kepala Kesbangpol Pegubin Kalep Alimdam mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual pekan ini kepada 17 partai politik peserta Pemilu 2024 di Pegubin. Oleh karena itu, ia meminta kesiapan semua pengurus partai politik untuk berada di Oksibil dan stanfbye di sekretariat.

“Pada hari Rabu, 15 November 2023, kami akan mulai lakukan verifikasi ke setiap kantor sekretariat Parpol. Jadi kami berharap bagi yang belum hadir agar kembali ke Oksibil untuk mengikuti verifikasi,” kata Kalep menghubungi papuabangkit.com.

Sengki Kaladana dari DPD Golkar Pegubin mengatakan, terkait dengan verifikasi partai politik, pada prinsipnya pihaknya dari DPD Golkar selalu siap untuk diverifikasi.

“Sementara, terkait dana hibah yang mana masih belum ada yang menyelesaikan pertanggung jawaban, rekan-rekan partai yang belum agar menyelesaikan sehingga tidak menjadi temuan dari BPK,” tegasnya.

Polisi Bersikap Netral
Sementara itu, Kapolres Pegubin AKBP Mohammad Dafi dalam sambutan menyampaikan kepada seluruh pimpinan partai politik bahwa pihak Polres Pegunungan Bintang siap bekerja dan berdiri netral dalam Pemilu Serentak 2024.

Kapolres Pegubin AKBP Dafi Bastomi saat memberikan arahan.

“Apabila adanya anggota saya yang berindikasi tidak netral dengan segera melaporkan kepada saya dan saya akan menindak sesuai apa yang menjadi peraturan kami pihak kepolisian,” tegas Dafi.

Menurut Dafi Bastomi, rencana pengamanan Pemilu dari Polres Pegubin tidak akan bisa semaksimal seperti pemilihan tahun kemarin. Sebab pemilu ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia sehingga anggota kami yang akan melakukan pengamanan dalam pencoblosan sangat kurang.

“Sesuai dengan peraturan KPU yang mana apabila adanya wilayah yang di anggap daerah konflik dapat di pindahkan sesuai dengan kesepakatan bersama agar kegiatan pencoblosan dapat berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Giat ini dihadiri perwakilan 9 partai politik yang ada di Pegubin yakni Agustinus Uropmabin, Sengki Kaladana dan Amdreas Kakadir dari DPD Partai Golkar Pegubin, Milka Uropka dan Decky Tumtikan, dan Mamfred Bamulki dari DPC Partai PDIP Pegubin, serta Robby Meku dam Mesakh Okesan dari DPD Partai Bulan Bintang Pegubin.

Sementara dari DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Pegubin hadir ketuanya Daud Mimin dan Abrianus Kalakmabin, Silas Sasaka dan Gerinus Elabi dari DPD NasDem Pegubin, Coswin Philips dari DPD Partai Demokrat Pegubin, Trisila Kalaka dari DPD Partai Kebangkitan Nusantara Pegubin, Natalia Kalakmabin dari DPD Partai PSI Pegubin, dan dari DPD Partai Gerindra Pegubin diwakili Alfred Akmer. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box