Bupati Deiyai Ateng Edowai didampingi pimpinan DPRD saat menandatangani Berita Acara Rapat Paripurna, Senin, 27 November 2023

NABIRE (PB.COM)Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua 2023 secara resmi mengumumkan pemberhentian Bupati Ateng Edowai dan Wakil Bupati Hengky Pigai, menyusul akan berakhirnya masa jabatan mereka pada 31 Desember 2023 mendatang.

Pengumuman ini disampaikan dalam Rapat Paripurna yang digelar di Aula Kasih Gereja Tabernakel, Jalan Kusuma Bangsa, Nabire, Provinsi Papua Tengah, Senin, 27 November 2023, dihadiri seluruh pimpinan dan anggota DRPD Deiyai, kepala OPD, TNI/Polri, dan tamu undangan lainnya.

Adapun tiga nama yang diusulkan DPRD Deiyai secara resmi ke Menteri Dalam Negeri untuk menjadi Penjabat Bupati memimpin di masa transisi yakni Norbertus Mote, Elimelek Edowai, dan Marthen Pakage. Ketiga nama ini adalah putra asli Deiyai yang siap dilantik untuk menjalankan tugas negara yang harus didukung oleh semua pihak.

Menurut Bupati Deiyai Ateng Edowai, M.Pd, tugas utama Penjabat Bupati ialah menyukseskan agenda Pemilu Serentak 14 Februari 2024 dan Pilkada November 2024. Penjabat Bupati Deiyai kelak harus membangun kerjasama dan berkolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat guna menyukseskan agenda demokrasi ini.

Bupati Deiyai Ateng Edowai foto bersama pimpinan DPRD Deiyai di sela-sela Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Deiyai Periode 2018-2023.

“Untuk penyelenggara Pemilu dalam hal ini, komisioner KPU dan komisioner Bawaslu, dua lembaga ini harus berkolaborasi dan bekerja sama yang baik guna melahirkan para anggota legislatif maupun bupati terpilih Deiyai yang berkualitas. Untuk KPU, kami sudah siapkan Rp 51 miliar, sedangkan untuk Bawaslu kami suda siapkan Rp 11 miliar. Di APBD 2023 kami bayar 40 persen sebelum Natal, dan 60 persen akan dibayar pada APBD 2024. Ini belum termasuk untuk aparat TNI Polri,” tegas Edowai.

Pada kesempatan itu, Bupati Ateng Edowai juga menyampaikan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat, DPRD, TNI/Polri, para tokoh agama, tokoh pemuda, kepala-kepala suku, dan semua elemen yang sudah bermitra, bekerja sama dan mendukung Pemkab Deiyai dalam program-program nyata untuk rakyat. (Derik Pinibo)

Facebook Comments Box