Penjabat Bupati Mamteng Manogar Sirait menyerahkan piagam kepada perwakilan sembilan kampung yang berhasil stop buang air besar sembarangan di halaman kantor Dinas Kesehatan, Jumat, 24 November 2023.

KOBAKMA (PB.COM)-Sejumlah kegiatan digelar dalam perayaan puncak HUT Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kabupaten Mamberamo Tengah Provinsi Papua Pegunungan, Jumat, 24 November 2023 lalu.

Kegiatan jalan santai ini mengawali perayaan HUT HKN yang dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Manogar Sirait, SIP.

Jalan santai mengambil start depan kantor Bank Papua dan finish di kantor Dinas Kesehatan Mamteng diikuti ASN, TNI-POLRI, elemen masyarakat, dan anak-anak sekolah.

Usai kegiatan jalan santai dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada sembilan kampung yang berhasil dalam praktik Stop Buang Air Besar Sembarangan, bantuan jamban irit air, paket Ibu hamil, susu balita, door prize, dan pemeriksaan kesehatan.

Penjabat Bupati Mamteng Manogar Sirait saat membuka jalan santai memperingati HUT JKN ke-59 di Kobakma, Jumat, 24 November 2023.

Penjabat Bupati Manogar Sirait mengatakan, kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai salah satu tuntutan dasar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Apa yang dibuat Dinas Kesehatan harus mendapat dukungan semua stakeholder. Program-program sesuai dengan tema HKN secara khusus di Mamberamo Tengah berjalan dengan baik. Dengan adanya program ini, saya percaya bahwa program-program selanjutnya, termasuk program penurunan angka stunting dan juga pemberantasan kemiskinan ekstrim, karena program ini berjalan pararel,” ujar Manogar.

Menurut Manogar, dalam istilah ekonomi dikenal sebagai trikle down effect, dimana jika satu persoalan dapan selesaikan, maka persoalan lain akan mengikuti, sehingga gampang menyelesaikannya. Karena itu ia berharap, apa yang dibuat Dinas Kesehatan harus mendapat dukungan semua stakeholder.

“Saya percaya bahwa masyarakat Mamberamo Tengah adalah masyarakat yang setia, taat dan disiplin,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia HKN ke-59 Kabupaten Mamberamo Tengah Helda Wali mengakui, kegiatan HKN berlangsung meriah karena partisipasi dari pemerintah, elemen masyarakat, ASN dan TNI-POLRI.

Menurutnya, sudah menjadi kebiasaan setiap tahun bahwa di momem perayaaan HKN Mamteng selalu dilakukan deklarasi kampung sehat. Saat ini, kata Helda, tercatat sudah ada tiga puluh sembilan kampung sehat yang sudah dideklarasi dari total lima puluh sembilan kampung yang ada di Mamteng.

“Target tahun depan sisa kampung juga akan deklarasi kampung sehat. Dan di tahun 2025, dengan komitmen pemerintah dan masyarakat maka kita akan mewujudkan sebagai Kabupaten Sehat di Tahun 2025 mendatang, ” ujarnya. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box