Penjabat Bupati Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos,M.AP saat sambutan membuka kegiatan Sosialisasi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Kampung yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Puncak Jaya, Selasa, 12 Desember 2023 di GOR PBSI Pruleme, Kota Baru, Mulia.

MULIA (PB.COM)—Penjabat Bupati Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos,M.AP meminta seluruh kepala kampung untuk benar-benar memanfaatkan Dana Kampung setiap tahun sesuai peruntukannya yakni membiayai program bagi kesejahteraan masyarakat di kampung.

Pesan ini disampaikan Tumiran saat membuka kegiatan Sosialisasi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Kampung yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Puncak Jaya, Selasa, 12 Desember 2023 di GOR PBSI Pruleme, Kota Baru, Mulia.

Kegiatan ini diikuti 302 kepala kampung dan 27 kepala distrik se-Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah. Turut hadir, Penjabat Sekretaris Daerah Puncak Jaya Yubelina Enumbi, SE,MM, Asisten I Setda Puncak Jaya Yahya Wonorenggo, S.IP,M.Sos, Asisten II Setda Puncak Jaya Esau Koroba, S.Pak,M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Puncak Jaya Irwan Tabuni, S.STP,M.Sos dan Forkopimda Puncak Jaya.

“Pemerintah Pusat memberi Dana Kampung setiap tahun itu tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat kampung dengan program-program pendampingan. Jadi jangan ada persepsi bahwa Dana Kampung itu milik pribadi kepala kampung. Jangan! Saya dapat info bahwa masih banyak penyimpangan. Ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar Tumiran.

Menurut Tumiran, ada banyak program yang bisa dilakukan dengan menggunakan Dana Kampung yang digelontorkan setiap tahun senilai Rp 1 miliar itu. Mulai dari program pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, hingga mendukung program PKK untuk mencegah stunting.

Ia juga meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Puncak Jaya bisa membuat Kampung Percontohan untuk dijadikan role model bagi kampung lain, mulai dari perencanaan program pembangunan kampung hingga tranparansi penggunaan anggarannya.

Para kepala kampung yang hadir dalam sosialisasi.

“Jadi pada kesempatan yang istimewa ini, sekali lagi saya meminta kepada bapak/ibu kepala kampung untuk ubah pola pikir bahwa Dana Kampung itu bukan milik pribadi, melainlam milik seluruh masyarakat kampung. Manfaatkanlah untuk kesejahteraan seluruh masyarakat. Bahkan, bisa untuk BLT Kampung, sekarang sudah ada panduannya,” tegas Tumiran.

Sukseskan Pemilu
Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Puncak Jaya Tumiran juga meminta kepada para kepala kampung dan kepala distrik untuk menyukseskan agenda nasional 2024 yakni Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dengan proaktif menjaga keamanan di setiap wilayahnya.

“Semua kepala kampung dan kepala distrik wajib menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing. Sekarang banyak provokator mulai masuk. Kita semua harus sepakat tolak itu. Bapak/ibu semua nanti pulang ke kampung, kumpulkan masyarakat dan lakukan sosialisasi untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai,” kata Tumiran.

Menurut Tumiran, layaknya manusia, Kabupaten Puncak Jaya yang telah berusia 27 tahun sudah di usia dewasa. Oleh karena itu, semua pengalaman pahit terjadinya konflik di masa lalu saat Pemilu hendaknya tidak terulang lagi. Masyarakat harus lebih dewasa dan tidak mudah diadu-domba.

“Pemilu dan Pilkada Serentak itu adalah pesta demokrasi yang harus dirayakan dengan gembira. Karena itu bapak/ibu kepala kampung juga bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat. Hentikan pola lama, cegah perang dan pertikaian saat Pemilu. Sebab semua itu hanya merugikan dan menghancurkan kita sendiri,” tutupnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box