Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Yahukimo, Hengki Bayage, S.AP,M.AP saat memberikan sambutan di hadapan massa pendukung sebelum digelarnya Bimtek bagi para Caleg PDIP di Dekai, Sabtu, 13 Januari 2024.

DEKAI (PB.COM)—Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Calon Legislatif Tetap di Kota Dekai, Sabtu, 13 Januari 2024.

Giat yang dirangkaikan dengan peresmian Posko Pemenangan sekaligus konsolidasi partai menuju kemenangan pada Pemilihan Legislatif ini, dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M.Si.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Yahukimo, Hengki Bayage (kiri) saat mendampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana.

Sebanyak 35 Calon Legislatif Tetap DPRD Kabupaten Yahukimo dan 10 Calon DPR Provinsi Papua Pegunungan Dapil Yahukimo hadir mengikuti Bimtek ini. Hadir pula salah satu calon DPR RI Dapil Papua Pegunungan Arif Uropdana.

Menurut Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Yahukimo, Hengki Bayage, S.AP,M.AP selaku penanggung jawab kegiatan, pihaknya menargetkan 7 kursi di DPRD Yahukimo tahun 2024 ini.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana saat hendak meresmikan Posko Pemenangan PDIP Kabupaten Yahukimo di Jalan Paradiso, Dekai.

“Jadi kami sudah lakukan Bimtek dan konsolidasi, kami sudah berbicara banyak hal terkait strategi untuk mendapatkan kursi di masing-masing Dapil di Yahukimo. Juga kami targetkan raih 2 kursi untuk DPR Provinsi Papua Pegunungan dari Dapil Yahukimo, 1 kursi DPR RI dari Dapil Papua Pegunungan, dan menangkan Calon Presiden Ganjar yang diusung PDIP,” kata Hengki Bayage kepada wartawan usai kegiatan Bimtek di Dekai.

Menurut Hengki, semua Caleg PDIP di Yahukimo adalah kader militant yang memiliki basis massa di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing. Oleh karena itu, ia berharap Bimtek dan konsolidasi partai yang telah diikuti dapat bermanfaat bagi para Caleg, terutama kiat-kiat dan strategi meraih kemenangan.

“Kedekatan dengan rakyat sebagai basis suara kita yang harus dijaga terus hingga menuju hari Pemilihan Legislatif pada 14 Februari mendatang. Mari kita terus bekerja keras meraih kemenangan sesuai target yang kita tetapkan,” tegas Hengki yang juga Sekretaris Komisi V DPR Papua ini.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M.Si mengatakan, sesuai dengan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Papua Pegunungan, setiap Dapil ditargetkan harus menyumbang minimal 2 kursi untuk DPR Provinsi, 1 kursi DPR RI dan memiliki 1 fraksi sendiri di setiap kabupaten.

“Sesuai target itu, saya saksikan sendiri dan saya optimis bahwa Kabupaten Yahukimo bisa meraih itu. Terbukti dengan antusiasme ribuan massa pendukung yang hari ini memerahkan Kota Dekai. Tetapi lebih dari 7 kursi lebih baik lagi supaya kita bisa usung satu calon sendiri untuk maju bertarung di Yahukimo,” kata Spei.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana saat memberikan sambutan membuka kegiatan Bimtek Caleg PDIP di Dekai.

Menurutnya, sebelum ke Yahukimo, dirinya sudah melakukan konsolidasi politik yang sama di Pegunungan Bintang dan Jayawijaya. Setelah ini, ia akan ke Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Nduga dan Lanny Jaya untuk memastikan kader-kader di setiap kabupaten bekerja memenangkan PDIP.

“Harapan saya, PDIP menang di Papua Pegunungan agar meletakkan dasar pembangunan di DOB itu. Termasuk komitmen memenangkan 1 kursi DPR RI dan memenangkan Capres Ganjar-Mahfud,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, sesuai intruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, semua kader harus militan dan merakyat sehingga bisa memahami kebutuhan rakyat Papua saat terpilih menjadi legislator.

“Jadi kerja kita ya untuk kesejahteraan masyarakat, pro pada kebutuhan rakyat. Itu terbukti dengan 10 tahun ini. Kader PDIP bisa jadi presiden, bisa jadi gubernur, bupati atau anggota DPR, bukan karena siapa, tapi karena rakyat. PDIP besar karena rakyat. Itu ciri dan prinsip dasar perjuangan kita yang harus dipegang semua kader,” tegasnya.

Untuk diketahui, alokasi kursi DPRD Kabupaten Yahukimo sebanyak 35 kursi pada Pileg 2024 yang terbagi dalam 7 Daerah Pemilihan (Dapil), alokasi kursi DPR Provinsi Papua Pegunungan Dapil Yahukimo sebanyak 10 kursi, dan alokasi kursi DPR RI Dapil Papua Pegunungan sebanyak 3 kursi.

Yahukimo adalah kabupaten terluas dan memiliki penduduk terbanyak di  Provinsi Papua Pegunungan. Yahukimo terdiri dari 51 distrik, 517 kampung dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 328.953.000 jiwa. (Adv./Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box