Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si.

DEKAI (PB.COM)—Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M.Si di sela-sela giat politiknya di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Minggu, 14 Januari 2024 menegaskan, pembangunan ruas jalan menuju Distrik Seredala yang selanjutnya akan menghubungkan ke Distrik Alemsom, Kabupaten Pegubin akan terus dilakukan.

“Jadi masih ada sekitar 20-an kilometer dari Seredala menuju Distrik Alemsom di Pegunungan Bintang, selanjutnya menuju Awimbon, Kawor, Kalomdol lalu ke Oksibil. Komitmen kita ya ke depan bisa terhubung,” kata Bupati Spei Bidana, Minggu pagi.

Menurut Spei, saat ini Pegubin adalah salah satu kabupaten di Tanah Papua yang paling terisolir. Satu-satunya akses menuju wilayah itu hanya melalui pesawat. Karena itu, sejak memimpin Pegubin 2021 lalu, ia langsung gencar membangun infrastruktur jalan darat di sejumlah wilayah, termasuk ruas jalan yang menghubungkan Pegubin dari Keerom di bagian Utara, Boven Digoel di bagian Selatan, dan Yahukimo di bagian Timur.

“Target kita ya semua jalan ini bisa terkonek. Supaya arus mobilisasi orang dan barang lewat darat bisa lebih murah dan berpengaruh pada harga kebutuhan pokok,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengaku kagum dengan geliat pembangunan infrastruktur jalan, perumahan dan perkantoran, serta penataan kota di ibukota Dekai. Bagi dia, faktor konektivitas Dekai melalui sungai di Pelabuhan Lokpon membuat harga barang menjadi lebih murah.

“Kalau jalan darat di Pegubin dari Merauke dan Jayapura sudah tembus, tentu harga material bangunan terutama semen bisa turun dan kita bisa bangun perkantoran dan perumahan di kota Oksibil seperti di Dekai. Karena material kita juga banyak seperti di Yahukimo. Saat ini harga semen di Oksibil masih sangat mahal yaitu Rp 1,2 juta, sementara di Dekai jauh lebih murah hanya Rp 200-an ribu,” tuturnya.

Bupati Spei juga mengaku sebagai kabupaten tetangga, sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan Pegubin-Yahukimo seperti Distrik Langda, Sumtamon, Sela dan Korupun di Yahukimo dan Distrik Alemson di Pegubin, memiliki kekerabatan, silsilah keluarga, dan budaya yang sama. Oleh karena itu, ia berharap hubungan baik itu terus terjaga dan menjadi modal untuk membangun kehidupan bersama.

“Kita tetaplah keluarga walau berbeda kabupaten. Kita ini satu kesatuan orang Ok Mek Min. Mari kita terus menjaga kekerabatan dan persaudaraan, saling tolong menolong, dan terutama sama-sama menjaga keamanan untuk sukseskan Pemilu 2024 ini,” tutup mantan Kepala Bappeda Pegubin ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box