Para Pengawas TPS di Pegubin yang baru dilantik.

OKSIBIL (PB.COM)Ketua Pengawas Distrik (Pandis) melantik 478 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang tersebar di 34 Distrik di  Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, Selasa, 23 Januari 2024 di  Gedung Serba Guna Soskat, Oksibil.

Ketua Pandis Kalomdol Selfianus Mote dalam momen pelantikan PTPS itu meminta kepada seluruh PTPS untuk bekerja secara profesional dan menjaga integritas.

Ketua Pandis Kalomdol Selfianus Mote.

“Dari mulai proses rekrutmen hingga pelantikan, kami terus mengingatkan PTPS agar menjaga profesionalitas dan integritas. Karena bagi kami, kejujuran adalah modal utama seorang Pengawas TPS. Sebab orang jujur akan tetap bersuara jika menemukan pelanggaran, meskipun hanya sendiri di TPS. Sedangkan soal kapabilitas PTPS, tentu menjadi tanggung jawab kami dengan akan melakukan bimtek lanjutan,” kata Selfianus.

Menurut Selfianus, selain pelantikan, pihaknya juga langsung melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 478 PTPS agar mereka bisa memahami tugas, kewenangan, kewajiban dan larangannya saat bertugas.

Ketua Bawaslu Pegubin Yanus Tepmul.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pegubin Yanus Tepmul dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PTPS se-kabupaten Pegubin yang resmi dilantik dan menjadi bagian dari Bawaslu Pegubin.

Ia meminta kepada para anggota PTPS untuk mebangun koordinasi yang baik dengan Pengawas Kampung berkaitan dengan tugas-tugas pengawasan.

“Karena PTPS memiliki tugas mulai dari pra pemilihan, pemilihan hingga penghitungan suara. Tentu ini harus dibekali dengan pemahaman soal tugas, kewenangan, kewajiban dan apa saja yang dilarang menjadi PTPS,” tegas Yanus.

Pada kesempatan itu, Yanus juga meminta dengan tegas kepada seluruh anggota PTPS yang baru dilantik untuk wajib menjaga integritas dan dapat menjalankan tugas dengan maksimal sesuai peraturan yang berlaku sehingga mampu mencegah terjadi pelanggaran Pemilu.

“Dengan ini, kita ingin menyampaikan kepada seluruh nusantara dari Sabang–Merauke bahwa kami para petugas dan penyelenggara Pemilu di Pegunungan Bintang siap menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan jujur, aman dan damai.” tegasnya. (Aquino Ningdana/GMR)

Facebook Comments Box