Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M.Si bersama rombongan saat mendarat di Bandara Diphikin, Kamis, 25 Januari 2024.

OKSIBIL (PB.COM)—Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan. Dalam rangka meningkatkan pelayanan trasportasi bagi masyarakat dan angkutan kargo di sejumlah distrik terpencil, Pemerintah Daerah Pegubin bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Angkutan Udara membuka sejumlah rute penerbangan pesawat subsidi perintis sepanjang tahun 2024.

Adapun terdapat 14 bandara perintis yang akan dilayani oleh pesawat jenis Caravan milik PT Nasional Global Aviasi (NGA) yang terbagi dalam dua jenis angkutan. Pertama, angkutan penumpang dari Bandara Sentani yakni Sentani-Kiwirok (Senin), Sentani Borme (Selasa), Sentani-Teraplu (Rabu), Sentani-Diphikin (Kamis), Sentani-Luban (Jumat), dan Sentani-Batom (Sabtu).

Jadwal Rute Pesawat  Subsidi Penumpang dari Bandara Sentani dalam sepekan.

Kedua, penerbangan subsidi untuk kargo dari dan ke Bandara Oksibil PP (Pulang Pergi) yakni Oksibil-Diphikin, Oksibil-Luban, dan Oksibil-Batom (Senin), Oksibil- Weime dan Oksibil-Aboy (Selasa), Oksibil-Kiwirok dan Oksibil-Teraplu (Rabu), Oksibil-Diphikin, Oksibil-Bime, dan Oksibil-Borme (Kamis), Oksibil-Tinibil dan Oksibil-Okbab (Jumat), serta Oksibil-Eipumek dan Oksibil-Kawor (Sabtu).

Untuk itu, pada Kamis, 25 Januari 2024, Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M.Si didampingi Kepala Bandara Oksibil sebagai Korwil, Kepala Bandara Batom, perwakilan Bandara Kiwirok, dan Kepala Distrik Kiwirok Abedeus T. Bidana, S.Pd sebagai Ketua Asosiasi Kepala Distrik se-Pegunungan Bintang, melakukan penerbangan perdana dari Bandara Sentani ke sejumlah bandara perintis itu.

Bupati Spei dan rombongan saat disambut warga di Bandara Diphikin.

“Jadi kami sudah coba terbang perdana dari Sentani menuju Kiwirok, Diphikin, Batom, Teraflu lalu ke Oksibil tadi. Ini adalah hasil perjuangan kami di Dirjen Angkutan Udara Kementerian Perhubungan sehingga tahun 2024 ini ada penambahan rute pesawat dari Oksibil ke sejumlah bandara perintis ini,” kata Bupati Spei Bidana kepada papuabangkit.com saat tiba di Bandara Sentani, Kamis, 25 Januari 2024 petang.

Menurut Bupati Spei, karena biaya penerbangan ini disubsidi pemerintah, harga tiket untuk penumpang dari Sentani PP dalam semua rute ini sangatlah murah. Hanya berkisar Rp 300-an ribu per penumpang. Sementara biaya angkut barang atau kargo ditiadakan alias gratis.

“Selama ini kan pesawat komersil harga sekitar Rp 1,6 juta. Dengan adanya subsidi ini, masyarakat terbantu hingga 95 persen. Jadi dengan adanya rute secara berkala ini, selain untuk akses keluar masuk orang tetapi juga diharapkan bisa membawa dampak ekonomi. Masyarakat bisa bawa hasil bumi seperti kopi, bawang, nenas, sayur, ubi dan bisa jual ke Oksibil,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Bupati Spei Bidana juga menegaskan, semua bandara yang menjadi rute pesawat perintis ini telah dibangun di masa kepemimpinannya. Sebab transportasi ini menjadi salah satu sektor paling prioritas dalam rangka membuka isolasi daerah dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Jadwal Rute Pesawat  Subsidi Kargo dari Bandara Oksibil dalam sepekan.

“Tadi kami tiba di sejumlah bandara dan masyarakat sangat senang menyambut dimulainya rute pesawat subsidi ini. Saya meminta masyarakat agar menjaga fasilitas bandara dan keamanan supaya ekonomi kita terus bertumbuh,” tuturnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box