Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pegunungan Bintang, Yance Tapyor, ST,M.AP

OKSIBIL (PB.COM)Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pegunungan Bintang, Yance Tapyor, ST,M.AP meminta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wamena dan Dinas PUPR Provinsi Papua Pegunungan untuk menganggarkan dana guna mengerjakan peningkatan jalan Oksibil menuju Distrik Iwur di tahun 2025 mendatang.

“Jadi masih ada sekitar 25 kilometer yang masih pengerasan dan agak rusak menuju Jembatan Digul 1 yang baru diresmikan tadi. Tapi karena ini ruas jalan nasional, kami akan koordinasi dengan Balai Jalan Wamena dan Dinas PU Provinsi Papua Pegunungan supaya kita mulai pengaspalan tahun depan,” kata Yance Tapyor di sela-sela kegiatan peresmian Jembatan Digul di Kampung Imsin, Distrik Iwur, Jumat, 1 Maret 2024.

Bupati Spei Bidana memantau finishing Jembatan Sungai Digul 1 sepekan sebelum peresmian.

Menurut Yance, hadirnya jembatan Sungai Digul 1 ini menjadi salah satu momen kebangkitan ekonomi dan infrastruktur di wilayah itu. Sebab jembatan ini selain menghubungkan empat distrik di Pegubin, juga merupakan akses menuju Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel hingga ke Merauke.

“Dari arah Boven Digoel, masih ada beberapa jembatan lagi yang harus dikerjakan, baik dari Balai Merauke maupun Balai Wamena. Target kami 2026 sudah tersambung. Jika itu terjadi, maka salah satu potensi yang bisa dijual adalah pasir dan batu di Pegunungan Bintang yang sangat kaya untuk pakai bangun infrastruktur di Merauke,” tutur Yance.

Bupati Spei saat memantau ruas jalan menuju Distrik Tarup yang akan menghubungkan ke PNG.

Selain itu, Yance menjelaskan, posisi Kabupaten Pegubin sebagai beranda NKRI yang berada di perbatasan dengan Papua New Guinea, pihaknya juga fokus untuk membangun jalan menuju rencana pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kwrok, Distrik Tarup.

“Masih sekitar 23 kilometer lagi sampai di sana. Jadi ini komitmen Pak Bupati Spei dalam rangka juga mendukung akses roda ekonomi dan pendidikan, terutama bagi warga dari PNG yang mau kuliah di Universitas Okmin Papua bisa ada akses masuk secara resmi lewat PLBN,” tegas Yance.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M,Si meresmikan Jembatan Digul 1 yang terletak di Kampung Imsin, Distrik Iwur, Jumat, 1 Maret 2024.

Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si saat menandatangani prasasti peresmian Jembatan Digul 1, Jumat, 1 Maret 2024 di Kampung Imzin, Distrik Iwur.

Peresmian jembatan ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Spei Bidana didampingi Sekretaris Daerah Pegubin Jeni Linthin, SH,M,Si bersama sejumlah pimpinan OPD. Sementara pengguntingan pita dilakukan secara bergantian oleh Wakapolres Pegubin Kompol Micha Toding dan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1715/Yahukimo Kapten Supriyadi.

“Kita resmi memberi nama Jembatan Digul 1 dengan pertimbangan, ke depan di bagian atasnya akan dibangun Jembatan Digul 2 dan 3. Inilah komitmen kami untuk meningkatkan isolasi daerah jadi apapun tantangannya, kami siap kerjakan,” kata  Bupati Spei Bidana. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box