Sekretaris Daerah Pegunungan Bintang Jeni Linthin, SH,M.Si saat menerima penghargaan dari Kepala KPPN Jayapura Unggul Budi Susilo di Aula Cenderawasih Gedung Keuangan Negara Jayapura, Selasa, 5 Maret 2024.

JAYAPURA (PB.COM)Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan kembali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jayapura karena dinilai sukses dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa.

Adapun dua penghargaan bergengsi itu yakni Kabupaten Terbaik 1 Kategori Pemerintah Daerah Pengelola Dana Desa Terbaik Dengan Nilai 96.69 Periode Semester II Tahun 2023 dan Kabupaten Terbaik 1 Kategori Pemerintah Daerah Pengelola DAK Fisik Terbaik Dengan Nilai 97,70 Periode Semester II Tahun 2023.

Penghargaan tingkat Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan yang meliputi 29 kabupaten/kota ini diserahkan oleh Kepala KPPN Jayapura, Unggul Budi Susilo dan diterima oleh Sekretaris Daerah Pegubin Jeni Linthin, SH,M.Si mewakili Bupati Spei Yan Bidana ST,M.Si.

Penyerahan penghargaan dilakukan di sela-sela acara KPPN Jayapura Award 2023 yang digelar di lantai 8 Aula Cenderawasih Gedung Keuangan Negara Jayapura di Jalan Ahmad Yani, Selasa, 5 Maret 2024 dihadiri sejumlah daerah dan lembaga TNI/Polri yang meraihnya.

Kedua Piagam Penghargaan bagi Kabupaten Pegubin.

“Terima kasih kepada KPPN Jayapura yang selalu memberikan kami semangat dan award ini sehingga kami masih tetap mempertahakan prestasti kami di Semeter I Tahun 2023. Jadi ini sudah dua tahun berturut-turut, dia penghargaan sebagai Terbaik Pertama ini kami terima. Semoga tahun depan kami masih tetap pertahankan,” kata Sekda Jeni Linthin kepada papuabangkit.com usai menerima penghargaan ini.

Menurut Jeni, persoalan klasik yang dialami oleh Pemda Pegunungan Bintang dalam pengelolaan keuangan adalah masalah jaringan internet yang kurang stabil. Kendati demikian, hal itu tidak membuat ia selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan seluruh jajarannya patah semangat.

“Sinergitas, irama dan ritme kerja dengan semua OPD terus kita bangun. Bahkan kami harus menjemput bola dari OPD satu ke OPD lain. Karena ini tidak gampang. Ini juga menjadi kunci utama bagi kami meraih penghargaan ini dua tahun berturut-turut,” ujar Sekda Jeni yang didaulat memberikan testimoni pada acara tersebut.

Aneka Prestasi Keuangan

Di era Kepemimpinan Bupati Spei Bidana, prestasi di bidang pengelolaan keuangan rupanya diraih berurutan sepanjang tiga tahun terakhir oleh Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) dan terus mengalami peningkatan.

Sekda Pegubin Jeni Linthin saat memberikan testimoni.

Pada akhir Juli 2022 Pegubin juga meraih penghargaan Peringkat Ketiga Terbaik Dalam Pengelolaan DAK Fisik Semeseter I Tahun 2022. Prestasi di kategori ini meningkat di tahun berikutnya dengan diterimanya penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2022 pada 20 Juni 2023. Sekaligus di kesempatan yang sama, Pegubin juga menyabet penghargaan perdana sebagai Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Desa Tahun 2022.

Pada 18 Juli 2023, Kabupaten Pegubin mencatat sejarah pertama kali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, berdasarkan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2022. Prestasi ini meningkat dari tahun 2022 yang hanya meraih Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2021.

Hasil Opini WTP pertama ini diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Dr. Martuama Saragi, ST,MM,CSFA kepada Ketua DPRD Pegubin Denius T. Uopmabin, S.Hi  disaksiksan Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si di aula kantor BPK RI Perwakilan Papua Jl. Balaikota No. 2, Entrop, Selasa, petang.

Sementara itu pada 28 Juli 2023, Pegubin juga mencatat prestasi sebagai daerah dengan Kinerja Terbaik Pertama Dalam Penyaluran Transfer Ke Daerah (TKD) Semester I Tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Penyerahan penghargaan dilakukan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Moudy Hermawan kepada Sekretaris Daerah Jeni Linthin di Kota Jayapura.

Bupati Spei Yan Bidana saat menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI tahun 2023 silam.

“Ini sudah menjadi komitmen kami untuk terus melakukan pembenahan di bidang pengelolaan keuangan. Sebagai kepala daerah, saya berterima kasih kepada Ibu Sekda dan semua pimpinan OPD yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam laporan keuangan,” kata Bupati Spei Bidana. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box