Asisten I Setda Mamteng Lepius Yikwa, S.Sos didampingi Kepala Dinas BPBD Daniel Pegawai saat membuka kegiatan, Selasa, 26 Maret 2024.

 

KOBAKMA (PB.COM)Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Pegunungan menggelar kegiatan kerja sama antarlembaga dan kemitraan dalam teknik pencegahan bencana, Selasa, 26 Maret 2024.

Kegiatan yang digelar di Aula RSUD Lukas Enembe dibuka secara resmi oleh  Asisten I Lepius Yikwa, S.Sos mewakili Penjabat Bupati didampingi Kadis BPBD Daniel Pagawak.

Hadir sebagai pemateri, Yulius Waisimon dari Satpol PP dan Apolos Brabar dari Dinas BPBD maupun Dinas BPBD Jayawijaya.

Asisten I Setda Lepius Yikwa mengatakan, penanganan bencana alam perlu melibatkan kemitraan bersama antar lembaga, dimana BPBD sebagai garda terdepan.

“Dalam penanganan bencana tidak bisa BPBD berjalan sendiri, namun harus ada kerja sama antarlembaga, dimana BPBD merupakan garda terdepan,” ujar Lepius.

Langkah ini perlu dilakukan agar bisa meminilisir bencana alam sejak dini yang tidak diketahui kapan terjadi. Untuk itu, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta, sehingga harus mengikutinya dengan baik.

“Saya berharap, setelah kegiatan selesai, peserta dapat juga melakukan sosialisasi di kampung maupun tempat tinggalnya,” ucapnya.

Para peserta dari berbagai intansi yang hadir dalam kegiatan.

Sementara itu, Kepala Dinas BPBD Daniel Pagawak mengatakan kegiatan ini digelar sebagai upaya mengantisipasi sebab Kabupaten Mamberamo Tengah merupakan daerah rawan longsor dan banjir.

“Seperti yang kita tahu, kabupaten ini merupakan daerah rawan bencana tanah longsor, maka kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta akan bahaya yang ditimbulkan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk penanganan pencegahan banjir dan longsor tentu harus melibatkan dinas-dinas lain, salah satunya lewat kegiatan seperti ini. Ia berharap lewat kegiatan ini,  peserta dapat menyimak dengan baik sehingga bisa menerapkannya saat bencana terjadi. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box