Kabid Perdagangan Disperindag Mamteng Antonela Fautgil,SH bersama tim saat berdialog dengan penjual sayur di Pasar Broges, Distrik Kobakma.

KOBAKMA (PB.COM)Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Pegunungan mendatangi Pasar Rakyat Broges, Distrik Kobakma, Kamis, 28 Maret 2024.

Kedatangan tim Disperindag ke Pasar Rakyat Broges dipimipin langsung Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Antonela Fautgil ini untuk melakukan pemantauan dan pendataan terhadap harga sejumlah bahan pokok yang dijual para pedagang di kios-kios maupun hasil kebun masyarakat.

Tampak Mama-Mama Papua di Pasar Broges sedang berjualan.

Beberapa komoditas yang didata antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, kedelai, jagung kering, kacang tanah, sayur, ketela pohon, ubi jalar, dan rica.  Kunjungan ke Pasar Rakyat Broges dilakukan Disperindah setiap hari, terutama hari pasar.

Kepala Bidang Perdagangan Antonela Fautgil mengatakan, pemantauan harga komoditas bahan kebutuhan pokok ini bertujuan untuk menjaga kestabilan harga dan mencegah inflasi daerah.

“Yang kami lakukan pantau pada bahan-bahan pokok yang dijual pedagang kios seperti minyak goreng, beras,gula pasir,dan hasil kebun dari masyarakat yakni ubi jalar, rica dan ketela pohon,” bilang Antonela.

Menurutnya, giat pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat adalah tugas pokok dari Disperindag Mamteng. Sekaligus mengikuti arahan Pemerintah Pusat untuk mengendalikan inflasi daerah.

“Kami mengikuti petunjuk Pemerintah Pusat, bagaimana mengendalikan inflasi terutama harga bahan pokok di Kabupaten Mamberamo Tengah,” tegasnya.

Untuk itu, Antonela menegaskan upaya yang dilakukan adalah melakukan pemantauan setiap hari, khususnya di hari pasar. Sebab saat itu masyarakat menjual hasil kebun mereka.

“Setelah seluruh harga kebutuhan pokok didata, hasil pantauan ini akan dibuatkan dalam bentuk laporan dan langsung dikirim ke Pemerintah Pusat,” tegasnya. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box