Pemkab Lanny Jaya Terbitkan Buku HIV-AIDS Versi Bahasa Dani

Sekda Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait

JAYAPURA (PB) – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya telah menerbitkan sebuah buku tentang cara  Pencegahan dan  Pengendalian HIV-AIDS  dalam bahasa Dani. Hal ini dilakukan agar  masyarakat lebih  memahami bahaya penyakit HIV/AIDS.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait, Selasa (29/8/2017) di Jayapura, mengatakan,  pihaknya telah melakukan sosialisasi Pencegahan dan  Pengendalian HIV-AIDS, sirkumsi atau sunat,  sekaligus  membagikan 4.000 kondom secara  gratis kepada masyarakat.

“Kondom ini agak sedikit langka, karena tak semua  masyarakat  mau memakai kondom. Apalagi  dorang bilang kondom tak enak, jika berhubungan intim,” ungkapnya.

Untuk  pencegahan dan  pengendalian HIV-AIDS, ujarnya,  pihaknya juga telah membentuk Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten  Lanny Jaya.

Walaupun   tak menyebut jumlah  penderita HIV-AIDS di Kabupaten Lanny Jaya,   penyakit yang  belum  ditemukan  obatnya itu, jumlahnya mencapai angka yang signifikan. “Orang  Dani punya  mobilitas tinggi, dan tinggal di Wamena, Jayapura dan Tiom. Ketika kembali ke Lanny Jaya bukan tak mungkin membawa   virus HIV-AIDS,” tuturnya.

Oleh  karena itu, Pemkab Lanny  Jaya menghimbau adanya   perubahan perilaku  masyarakat setempat, yang dimulai dari pemimpin. “Sosialiasi  pencegahan dan  pengendalian HIV-AIDS memang saya  tekankan pada perilaku orang. Kalau perilaku rusak memang pasti  rusak,” tukasnya. (YMF)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *