Pembina Nitmeke Adventure Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes bersama Ketua Harian Bartho Taniauw dan Ketua Pantia Nitmeke Yospan Competition saat membuka kegiatan lomba, Jumat (17/12/2021) di Aulia Beach, Holtekamp, Kota Jayapura

 

JAYAPURA (PB.COM)Komunitas Motor Nitmeke Adventure Jayapura, Papua menggelar lomba tarian Yosim Pancar (Yospan) dalam rangka menyongsong hari ulang tahunnya dalam tajuk Nitmeke Yosim Pancar Competition. Komunitas motor yang dipimpin oleh Ketua Umum Drs. Muhammad  Rusdianto Abu, M.Si dan Ketua Harian Bartho Taniauw, ST ini berulang tahun ke-2 pada 4 Januari 2022.

Sebanyak 22 peserta dari aneka grup tari yang berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom, ikut dalam kompetisi ini yang digelar di Aulia Beach, Pantai Holtekamp, Kota Jayapura, Jumat (17/12/2021).

Pembina sekaligus Penasihat Nitmeke Adventure Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes hadir membuka kompetisi ini. Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi giat budaya yang digelar Nitmeke karena bisa meningkatkan rasa cinta kaum milenial di wilayah Tabi akan budayanya sendiri.

Pembina Nitmeke Adventure Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes saat memberikan sambutan.

“Yospan adalah bagian dari budaya, lambang identitas dan martabat kita orang Papua. Saya bangga dengan inisiatif luar biasa dari Komunitas Nitmeke menggelar kompetisi ini. Even-even seperti ini yang kita butuhkan agar generasi milenial di Papua diarahkan untuk melakukan aktivitas positif,” kata Aloysius.

Menurut Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang ini, tarian Yospan juga merupakan bagian dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) KORMI, dimana dirinya saat ini masih dipercayakan sebagai Ketua Harian KORMI Provinsi Papua.

“Jadi dalam rangka pengembangan olahraga rekreasi masyarakat dan budaya setempat, kami akan selalu dukung dan dorong terus even lomba Yospan seperti ini. Sekali lagi saya berterima kasih kepada pengurus Komunitas Motor Nitmeke, baik Ketua Umum Pak Rusdianto, Ketua Harian Bartho Taniauw dan Ketua Panitia Felix Dawir. Kalian luar biasa. Teruslah melakukan hal-hal positif bagi anak muda Papua,” tegasnya.

Salah satu kelompok peserta Nitmeke Yospan Competition saat tampil.

Pada kesempatan itu, Aloysius juga memberikan sumbangan dana kepada panitia dan uang pembinaan bagi 22 kelompok peserta Yospan sebesar Rp 50 juta.

Ketua Panitia Nitmeke Yosim Pancar Competition, Marthen Felix Dawir berterima kasih kepada Pembina Nitmeke Aloysius Giyai yang telah memberikan sumbangan dana dan kesediaan waktu membuka kegiatan ini.

Salah satu kelompok peserta Nitmeke Yospan Competition saat tampil.

“Sebagai komunitas motor, kami juga peduli terhadap budaya. Ini cara kami untuk meningkatkan semangat dan rasa cinta kaum muda terhadap Yospan. Dan kami bersyukur, hari ini Pak Alo sangat mendukung kami dalam acara ini,” kata Felix.

Menurutnya, sebanyak 22 peserta lomba Yospan memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan dengan total mencapai Rp 28,5 juta untuk 6 kategori.

Adapun Ketua Dewan Juri dalam kompetisi ini yakni Albert Yunaweri, didampingi Sekretaris Ibu Min Waimuri, dan anggota Ibu Ani Yawan.

Sekedar diketahui, Yospan merupakan tarian jenis pergaulan masyarakat di Tanah Papua yang sering dimainkan oleh muda mudi sebagai bentuk persahabatan. Yospan yang merupakan lepanjangan dari Yosim dan Pancar adalah tari tradisional yang berasal dari dua daerah di Papua, yakni Biak dan Yapen-Waropen. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box