Sejumlah wirausaha muda turut ambil bagian dalam Expo Produk yang digelar Universitas Cenderawasih Jayapura di Mall Jayapura pada tanggal 5-6 Desember 2022. Acara ini sebagai puncak kegiatan Wirausaha Merdeka tahun 2022.

JAYAPURA – Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua menyelenggarakan Expo Produk sebagai puncak kegiatan Wirausaha Merdeka tahun 2022.

Gelaran expo tersebut dilaksanakan selama Dua hari di Lantai Empat Mall Jayapura, Senin-Selasa tanggal 5-6 Desember 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Uncen, bekerjasama dengan   beberapa kampus mitra, Gabungan Wirausaha Muda Papua (GARAP) dan komunitas Stand Up Comedy Jayapura,

Penyelenggaraan Expo ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Dirk Y. P. Runtuboi, M.Kes.

Dalam pesan pembukaan expo, Dr. Runtuboi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi merdeka belajar yang diperoleh Uncen, dan layak diikuti oleh mahasiswa. Karena, merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang  dapat mendorong mahasiswa  meningkatkan kompetensi.

Pelaku Wirausaha Muda Papua yang juga Pemilik Combrof Café, Ester Maitindom, turut hadir berbagi pengalaman dalam Expo Produk yang digelar Universitas Cenderawasih Jayapura di Mall Jayapura pada tanggal 5-6 Desember 2022. Acara ini sebagai puncak kegiatan Wirausaha Merdeka tahun 2022.

Turut hadir dalam gelaran expo ini, sejumlah pelaku Wirausaha Muda Papua, diantaranya Pemilik Combrof Café, Ester Maitindom, Alo Jufuai dari Container Coffee Papua, serta Lusi Sampari selaku pemilik salah satu pusat Merchandise Papua.

Kepada para mahasiswa peserta kegiatan Wirausaha Merdeka di Negeri Tapal Batas, Ester Maitindom menyampaikan pesan-pesan berwirausaha yang perlu dipahami dengan baik oleh para mahasiswa.

“Dalam berwirausaha, apapun model atau jenis usahanya, perlu selalu diingat bahwa tidak ada suatu usaha yang berjalan mulus tanpa mengalami kendala. Ada banyak plus-minus berwirausaha, misalnya, teman-teman Ketika menjalani usaha, pasti suatu saat akan mengalami kondisi ramai pengunjung yang bisa memberikan surplus finansial, tetapi juga sangat mungkin kita mengalami sepi pengunjung yang artinya bisa terjadi deficit keuangan. Jadi, sampai kita mengerti pola berwirausaha yang sehat, teman-teman harus terus belajar,” kata Ester.

Master Jungle Chef, Charles Toto, turut hadir berbagi pengalaman dalam Expo Produk yang digelar Universitas Cenderawasih Jayapura di Mall Jayapura pada tanggal 5-6 Desember 2022. Acara ini sebagai puncak kegiatan Wirausaha Merdeka tahun 2022.

Kegiatan hari pertama Expo Wirausaha, Senin 5 Desember 2022 diisi dengan presentasi produk unggulan UKM tempat para mahasiswa melaksanakan Onboarding. Banyak produk-produk khas UKM yang ditampilkan, misalnya aneka produk kuliner, seperti nasi buah merah, kue-kue berbahan baku sagu, camilan keripik berbahan dasar rumput laut. Ada juga produk-produk lain seperti aneka minuman, seperti kopi-kopi Papua, boba, pudding berbahan dasar sagu, hingga ada juga produk pakaian dari Mahasiswa yang magang di Noken Clothing.

Banyak yang mengunjungi booth Expo Wirausaha Merdeka dan tertarik merogoh kantong untuk membeli hasil-hasil produksi tersebut. Hal ini meninggalkan kesan positif bagi publik.

Ibu Monika, salah satu pengunjung mengatakan, sudah saatnya anak-anak muda khususnya mahasiswa dialihkan perhatiannya ke dunia wirausaha.

“Sehingga tidak semua berpikiran setelah studi harus menjadi Pegawai Negeri Sipil, tetapi dapat berwirausaha untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain dalam bentuk pembukaan lapangan kerja,” ujar Ibu Monika.

Banner Expo Wirausaha Merdeka

Kegiatan semakin ramai mendapat perhatian public pada hari kedua, yakni Selasa 6 Desember 2022. Turut meramaikan event, Perwakilan dari Kemenkumham, yang memrepsentasikan tentang cara membuat paten. Turut hadir berbagi ilmu dihari yang sama, yakni Master Jungle Chef, Charles Toto yang berbagi pengalamannya berkecimpung dalam dunia usaha kuliner rimba yang melayani tamu-tamu pelancong penjelajah hutan dan gunung baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh perform dari komika nasional seperti Yewen dan teman-teman dari Stand Up Comedy Papua yang berlangsung dengan meriah. Kegiatan sendiri berakhir setelah secara resmi ditutup oleh Pembantu Rektor II Universitas Cenderawasih, Dr. Janothan K Wororomi. (Adm)

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments Box