JAYAPURA (PB.COM)-Kreativitas dan inovasi tanpa batas terus ditunjukkan para siswa dan manajemen SMP Negeri 1 Jayapura. Memanfaatkan dunia teknologi komunikasi yang terus berkembang, kali ini sekolah yang beralamat di Jalan Nusa Tenggara No 17, Dok V Bawah, Distrik Jayapura Utara itu siap meluncurkan podcast pada Sabtu, 29 April 2023.

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga, S.Pd,M.M.Pd mengatakan peluncuran podcast resmi di sekolahnya ditandai dengan acara perdana Ngobras (Ngobrol Asyik) bertema “Masalah Yang Sering Terjadi di Kalangan Pelajar” dengan menghadirkan tamu spesial Penjabat Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M,Si dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Abdul Majid, S.Pd,M.M.Pd sebagai narasumber.

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga, S.Pd,M.M.Pd.

“Jadi podcast ini akan tayang perdana di channel youtube dengan nama SMP Negeri 1 Jayapura esok, 29 April 2023. Kami sangat gembira sekalipun hari libur, Bapak Penjabat Walikota bersedia hadir dan menjadi tamu spesial di podcast kami,” kata Purnama Sinaga kepada papuabangkit.com, Jumat, 28 April 2023.

Menurut Purnama, podcast adalah bentuk inovasi dan kreativitas siswa-siswi SMP Negeri 1 Jayapura yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan internet di era milenial untuk menampilkan konten kreatif atau pesan-pesan edukatif lewat obrolan audiovisual. Oleh karena itu, ia berharap para siswa bisa menjadikan sarana ini untuk menambah wawasan dan mengembangkan ide-ide kreatifnya.

Para siswa saat sedang mengikuti pelatihan soal dunia podcast.

“Ini merupakan program ekstra kurikuler yang kami namakan Podcast Spenza Jayapura. Kami ingin giat ini bisa memberikan ruang untuk peserta didik semakin lebih mengembangkan ide-ide dan kreatifitas mereka terutama dalam bidang broadcasting dan public speaking,” tutur Purnama.

Pada kesempatan itu, Purnama juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang turut membantu menyiapkan seluruh perangkat digital serta para pakar yang telah memberikan bimbingan kepada para siswa tentang hal-hal teknis.

“Terima kasih khusus kepada Pak Herry Lefaan Samosir, dan abang Bobby dosen FKIP UNCEN yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam dunia public speaking dan dunia podvast yang sudah berbagi ilmu dengan kami dan para siswa,” tegas Purnama.

Ia menambahkan, selain peluncuran perdana podcast, giat itu diawali dengan color run dan acara perayaan hasil belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
atau P5.

Sekedar diketahui, podcast merupakan salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian masyarakat. Sebab terkesan lebih fleksibel dan intens apabila dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Podcast adalah sebuah hasil rekaman audiovisual yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Sedangkan, podcast bisa diimplementasikan secara fleksibel atau kapanpun kamu inginkan. Serta bisa kamu dengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Istilah podcast pertama kali diajukan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, di tahun 2004. Kata podcast sendiri memiliki arti kepanjangan yakni play on demand dan broadcast. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box