Simon P. Bame

JAYAPURA (PB.COM)—Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Jayapura, Simon P. Bame mengatakan, pihaknya telah siap untuk menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Kursus Kepemimpinan Kader (KKD) bagi para anggota baru di Aula Susteraan Maranatha Waena, Jayapura pada Agustus 2023 mendatang.

Kepastian itu disampaikan Simon Bame kepada papuabangkit.com, Kamis, 27 Juli 2023 setelah mengevaluasi kerja panitia selama dua pekan terakhir.

“Untuk anggota baru sekaligus peserta yang sudah mendaftar dan mengembalikan formulir ada 25 orang. Target kami pengurus Komcab adalah 50 orang. Kami yakin ke depan akan bertambah sebelum kegiatan ini digelar,” ujar Simon Bame.

Sementara itu, para pemateri yang dihubungi panitia sudah menyatakan kesediannya. Simon mengatakan, para pemateri yang didatangkan akan memberikan materi yang terkait dengan tiga aspek. Aspek pertama ialah keorganisasian, sejarah, dan visi misi Pemuda Katolik.

“Kedua adalah keterampilan berorganisasi, lebih kepada pelatihan-pelatihan seperti strategi membangun jaringan, negoisasi dan lain-lain. Dua aspek ini akan menghadirkan pameri internal Pemuda Katolik, terutama para senior,” tutur Simon.

Menurut Simon, giat ini juga akan menghadirkan pemateri eksternal, di antaranya Kapolresta Jayapura Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, SH.,S.IK.,M.Si, Kepala Dinas O Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura, Rocky Bebena, S.Pd,M.Pd, dan Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Benyamin Gurik.

“Target kami, sesudah Mapenta nanti, kami lanjutkan dengan Kursus Kepemimpinan Dasar,” urainya.

Ia menjelaskan, dalam mekanisme organisasi Pemuda Katolik, setelah Mapenta, para anggota baru akan dilantik. Sesudah pelantikan, digelar Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) di tingkat Komcab, lalu berlanjut ke Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) di tingkat Komda Provinsi Papua, dan kursus di tingkat Pusat.

“Saya ingin agar semua anggota Pemuda Katolik Kota Jayapura yang bergabung sebagai anggota bisa menjalani proses berjenjang ini, dan menjadikan ini sebagai kebiasaan atau habitus agar kader yang ditempa benar-benar berkualitas,” tegas mantan Ketua PMKRI Cabang St. Efraim Kota Jayapura ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box