Kelompok Rechtbica Coffee Arabika Juara 1 Eco Fest

JAYAPURA (PB.COM) – Dua kelompok Mahasiswa yang mengikuti Wirausaha Universitas Cenderawasih (WMK) berhasil memperoleh Juara 1 dan 3 pada kegiatan Eco fest, yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Cenderawasih ke 61. Kegiatan Eco fest yang merupakan satu bagian dari Perayaan ulang tahun Universitas Cenderawasih, diikuti oleh 61 kelompok, bertempat di Auditorium Universitas Cenderawasih, pada tanggal 6 November 2023.

Kelompok Rechtbica Coffee Arabika berhasil meraih Juara pertama, sedangkan Panyumi mendapatkan Juara ke 3. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang mempunyai usaha, serta beberapa UMKM Mitra yang ada diwilayah Jayapura.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa entrepreneurship mahasiswa, agar dapat menjadikan wirausaha sebagai salah satu  jenjang karir mahasiswa.  Keterlibatan Mahasiswa program Wirausaha Merdeka di Eco Fest merupakan salah satu bagian dari  fase Onboarding mahasiswa, dimana mereka diberikan tugas untuk  memasarkan hasil produknya(demo day).

Jumlah mahasiswa yang mengikuti program WMK Universitas Cenderawasih sebanyak 192 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Universitas Cenderawasih dan 9 Perguruan Tinggi mitra lainnya yaitu : Universitas Cenderawasih, Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena, Sekolah Tinggi Bio Sains Swadiri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, STMIK Agamua, Universitas Ottow Geissler, Universitas Udayana, Universitas Islam Makassar dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.  Mahasiswa dibagi menjadi 38 tim dan dibimbing oleh 19 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Kelompok Panyumi, Juara 3 Ecofest 2023

Wakil Ketua Tim WMK Universitas Cenderawasih, Remuz Kmurawak mengaku bangga dan mengapresiasi hasil yang diraih kelompok tersebut. Dia menyebut, apa yang ditunjukan oleh seluruh kelompok yang turut serta Dalam lomba sudah sangat baik.

“Tentu ini hasil yang baik dan patut disyukuri, serta dapat menjadi titik penyemangat mereka semua lebih baik lagi kedepannya,” kata dia.

Akademisi Muda Uncen itu menjelaskan, Kegiatan WMK banyak memberi manfaat dan tepat sasaran, mengingat program ini terdiri dari tiga Fase, yaitu Preparation phase, mahasiswa mempersiapkan diri melalui pembelajaran materi kewirausahaan, Onboarding phase,  mahasiswa magang di UMKM, serta Launching Phase, mahasiswa melaksanakan Expo Kewirausahaan.

“Mahasiswa peserta WMK mendapatkan pengakuan setara 20 SKS dari rangkaian kegiatan yang dilakukan. Mahasiswa WMK juga mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar kampus guna mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan. Program WMK ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam kegiatan wirausaha melalui proses pembekalan mindset dan kompetensi kewirausahaan, pengembangan dan penciptaan konsep usaha, serta praktek dan pengembangan wirausaha,” pungkas Remuz Kmurawak. (Adm)

Facebook Comments Box